Artikel Terpopuler

Cerpen

Sunday, July 1, 2012

KH. Zubair Dahlan

Kelahiran, masa muda, dan fase Tholabul Ilmi pada Masyayih Sarang
K. Zubair dilahirkan di Sarang tahun 1323 H. beliau adalah putra kedua dari K. Dahlan Sarang, kelahiran beliau bertepatan dengan mukimnya K. Ahmad bin Syuaib di Makkah. Pada masa muda beliau mencari ilmu dan pengetahuan agama dinegara yang disucikan itu. Beliau di asuh dan di didik oleh ayah handanya K. Dahlan. Dan belajar Al-Qur’an serta ilmu dasar pelajaran agama pada kakeknya K. Syuaib, beliau telah fashih membaca Al-Qur’an beserta tajwid-tajwidnya pada umur 6 tahun. Sejak kecil beliau telah tampak kecerdasannya dan sangat di sayang kakek dan kelurganya. Beliau tumbuh dan berkembang pada asuhan kakeknya serta belajar bermacam-macam ilmu agama pada ayahnya K. Dahlan, mengaji Khulashoh Ibnu Malik yang terkenal dengan Alfiyah dan Ilmu Gramer arabikya, belajar taqrib mulai awwal sampai akhir pada pamannya K. Ahmad bin Syu’aib, mengaji kitab fathul wahab karangan Syaih Zakariya Al-Anshori pada K. fatkhurrahman kecuali sekelumit dari kitab ini , beliau bersungguh-sungguh bertholabul ilmi pada guru serta Ulama-ulama Sarang.



Melanglang buana mencari ilmu serta guru-gurunya di luar negeri
Sesampainya umur sekitar 17 tahun beliau bersama kakek serta nenekny a K. Syuaib pergi ke Makkah, dan bermukim di sana selama tiga tahun bersama pamannya K. Imam Kholil. Belajar ilmu agama pada ulama makkah, mengaji Hadits pada Fadilatil ‘Alamah yang mulia Syaih Ibnu Maya’ba As-Sanqithi, beliau di makkah juga nyantri pada K. Baqir Al Jogjawi dan mengaji kitab tafsir jalalain, sarah Imam Mahally Fan fiqh mulai permulaan sampai khatam dan yang lain. Juga nyantri pada fadhilatul ‘Alamah Syaih Sa’id Al-Yamani beliau Termasuk santri terakhir yang mengaji pada Syaih Sa’id (Taghommadahullahu birohmatihi wa ridwanih), beliau nyantri pada Syaikh Al-Alamah Hasan Al-Yamani putra Syaikh Sa’id Al-Yamani mengaji kitab tasrif Al-Azizi, sarah Al-Kafrawi, sarah matan Al-Jurumiyyah, juga kitab yang lain lebih-lebih kitab ilmu arab. Syaih Hasan sangat bersungguh-sungguh mendidik dan mengajar beliau sampai meneliti tulisan-tulisan beliau dan membenarkan dengan tangannya sendiri yang mulia, pada awal beliau mengaji pada Syaih Hasan beliau di suruh untuk meng’i’rob مررت بزيد dan ضرب زيد عمرا beliau berkata مررت fi’lu madhin mabniyun ala sukun, Atta’u dhomirun mabniyun ala dlom …. Sampai akhir. Syaih Hasan berkata “kamu Termasuk ahli Kuffah padahal ahli kuffah tidak mencukupi, tinggalkan apa yang di pegang oleh ahli kuffah sebab mereka lebih mementingkan darah nyamuk sedang mereka mengabaikan darah Husain”. Sejak itu beliau di juluki gurunya Zubair kuffi.
Pada fadhilati Syaih Hasan bin Said Al-yamani K. Baqir Al-Jogjawi semua ilmu dan sanad di intisabkan dan di jadikan pegangan, kemudian beliau bersama pamannya K. Imam Kholil pulang ke Jawa dan seterusnya beliau meneruskan belajar ilmu-ilmu agama pada Syaih Al-Alamah K. Faqih bin Abdul Jabar Maskumambang beliau mengaji kitab tafsir, Jam’ul Jawami’, Sarah Umul Barohin masalah aqidah mulai awwal sampai hatam dan kitab yang lainnya. Beliau sekaligus di beri ijazah sebagaimana halnya orang-orang Ahli ijazah. Lebih-lebih isi yang terkandung dalam kitab Kifayatul Mustafid lima ‘Ala Minal Asanid karangan Syaih Muhammad Mahfudz Bin Abdullah Tremas. Di sini saya akan menyebutkan silsilah sanadnya sampai pada Imam Syafi’i. Beliau di beri riwayat dari gurunya K. Baqir Al- Jogjawi (Rokhimahullahu anhu) K. Baqir Al-jogjawi dari K. Syaih Abdul karim Ad-Daghosytany dari Syaih Ibrohim Al bajuri dan Al-Amir Al-Kabir dari Assho’idy dari gurunya Aqilah dari Syaih Al-Ajami dari Al-‘Arif Al-Qossasy dengan ijazahnya dari As-Syamsi Muhammad Romly dari Syaikhul Islam Zakariya Al-Anshori dari Al-Khafidz Ibnu Hajar dari As-Solah Ibnu Umar Al-fakhri bin Al-Bukhori dari Al-Qodli Abil Makarim Ahmad Al-Haddad dari Al-Hafidz Abu Na’im Ahmad bin Abdullah Al Asbihani abil Abbas Muhammad bin Ya’qub Al-Ashom, kami di beri khabar oleh Ar-Robi’ bin Sulaiman Al-Murodi, kami di beri khabar oleh As-Syafi’i r.a. guru saya Al-‘Alamah Al-Fadhil Muhammad Yasin bin Isa Al-fadani berkata dia Imam saya Abu Abdullah Muhammad bin Idris bin Abbas Al-quraisyi Al-Muthollibi As-Syafi’i Al-Hijazi Al-makki nasabnya sampai bersama nabi Muhammad SAW pada Abdul Manaf. Lahir pada tahun 150 H. sampai pada Redaksi …. Wafat pada akhir bulan rajab tahun 204 H.
Pada tahun 1371 H. beliau naik haji beserta rombongan ke tanah Makkah Madinah, di sana beliau bertemu yang mulia para ulama yang alim, di antaranya fadilatul ‘alamah yang mengajar di tanah Makkah dan pengajar di Masjidil Harom yang mulia sayyid Alawy bin Abbas Al-Maliki r.a, beliau mengaji di naungan majlis ta’lim di makkah tempatnya di Babissalam, apa yang di ajarkan Sayyid Alawy ya’ni masalah yang berhubungan dengan manasik haji dan umroh, beliau heran dengan indahnya redaksi dan fashohah yang bisa menjelaskan dalam penerapan pengajaran sayyid Alawi sampai mengecap dan membekas di hati beliau yang sangat dalam sebab keindahannya. Pada kesempatan yang mulia ini seperti yang di ceritakan pada saya, beliau memberi implikasi berbagai sebab lantaran bertemu dengan sayyid Alawi dan mengambil contoh pada sayyid di sela-sela waktu yang sangat singkat, begitu juga bertemu dengan fadilatussayyid Al-‘Alamah Al- Ustadz Yasin bin Isa Al-fadani, di sela-sela waktu tersebut yang sangat singkat beliau di beri ijazah umum secara lengkap sejak beliau kenal bahwa syaih Yasin adalah ahli dalam bidang ijazah dan keistimewaan yang mulia ini, inilah redaksi ijazahnya.
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah. Sholawat dan salam semoga tercurah ke pangkuan baginda Rasul, keluarga, sohabat serta orang-orang yang mulia. Amma ba’du. Telah hadir Al-Alamah Al-Jalil fadilatussyaih Zubair bin Dahlan dari Rembang pada musim haji 1371 H. dan mendengarkan hadisurrahman al-musalsal dari saya yang pertama. Beliau merupakan orang yang pertama kali mendengarkan dari saya hadits musalsal dengan sebutan memotong kuku beliau melihat saya ketika memotong kuku pada hari kamis, saya memberi makanan dan minuman serta memberi ijazah pada beliau ijazah umum secara utuh dan lengkap seperti halnya guru-guru saya memberi ijazah pada saya yang berjumlah 500 diantara fadilatulalamah as-syaih Muhammad Alawi Al-Makki, fadilatul ‘alamah yang ahli hadits syaih Umar Hamdan Al-Mahrosi dengan sanad-sanad yang sambung, saya berpesan pada diri saya sendiri dan beliau untuk selalu taqwa dan saya mengharap beliau tidak lupa pada saya ketika berdoa yang baik.”
Di tulis pada hari jum’at 8 muharrom
tahun 1382 M.
Muhammad Yasin bin Isa Al-fadani

Sifat dan akhlak beliau
Beliau berbudi pekerti yang sempurna, mempunyai kepribadian yang mulia, berpostur tubuh kurus, tidak tergolong jangkung, berkulit sawo matang, berjenggot tipis, berambut hitam, mulut dan dada yang luas, tajam penglihatannya, berwibawa, bersemangat menegakkan agama Allah, ramah pada tetangga, mencintai orang-orang yang lemah dan fakir miskin, memulyakan orang lain, belas kasih pada orang lain, selalu mendengarkan hak-hak beliau, murah senyum, berbuat baik pada keluarga, kerabat-kerabatnya, menjaga hak orang lain, sangat cinta pada ahli ilmu, dan memulyakan mereka, selalu berpegang teguh pada sunnatullah, dan jejak para ‘ulama salaf, sangat menghindar dari bid’ah, tidak takut akan cercaan dan celaan.
Beliau pernah berkata saat dekat dengan ajalnya “saya ingin tergolong orang yang beruntung di dunia dan akhirat, ingat manusia yang paling beruntung adalah seorang yang rizkinya mampu mencukupi anak-anaknya ketika meninggal, tergolong orang yang beriman, terus masuk surga.”

Mengajar
Beliau mulai mengajar pada saat pulang dari menetap (mengaji) pada Fadlilatul Alamah K.Faqih Maskumambang, beliau mulai mengajar ketika berumur 23 th. Tepatnya di pon-pes Sarang, banyak santri yang menghadap dan menyerahkan diri mereka pada beliau, perkumpulan mengaji beliau tergolong besar di ikuti santri mulai setingkat ibtida’ sampai ‘aliyah sebab beliau membaca mulai kitab kecil seperti ‘Aqidatul ‘Awwam, matan Taqrib, matan Jurumiyah, Tasrif Al-‘Azri sampai kitab besar seperti Jam’ul Jawami’, syarah Imam Mahalli fan fiqh, fathul Wahhab, tafsir Imam Baidhowi dan sebagainya, waktunya digunakan untuk mengajar sampai akhir hayatnya. Setiap bulan Romadhan beliau terbiasa mambaca tafsir Jalalain disamping membaca kitab yang lain yakni kitab Hadits, semisal Riyadhus Sholihin, Al-Adzkar An-Nawawiyyah, dan yang lain. Pada waktu berumur enam puluhan beliau sangat membaca kitab-kitab Tashowwuf seperti Minhajul Abidin, Hikam, sejak itu beliau selalu mengajar kitab Ihya’ karangan Imam Ghozali sampai akhir hayatnya.

Keluarga
Beliau menikah pada umur 24 tahun , dengan putri pamannya yang bernama Mahmudah binti K. Ahmad bin Syu’aib, beliau dianugrahi keturunan sebanyak lima laki-laki dan perempuan, semua meninggal di usia balita kecuali satu yaitu penulis biografi ini, Nyai Mahmudah meninggal pada bulan Jumadil Akhir tahun 1358 H. kemudian beliau menikah yang kedua kalinya dengan ‘Aisyah binti Abdul Hadi dari keluarga Burno, beliiau dianugerahi putra-putri, lima putri yaitu Halimah, Sa’idah, Afifah, Sholihah, Salamah, dan satu putra yaitu Ma’ruf.

Karangan dan Kitab Beliau

Beliau mengarang kitab manasik haji, Nadzom Risalah Samarqodhiyyah yang diberi nama Qola’id Lu’lu’iyyah fi Tahdibi Ma’nal Isti’aroh, nama rumus Fuqoha’ syafi’iyyah. Beliau mempunyai syair tentang adab dan hisab
Di antara syair beliau ada yang di sesuaikan dengan keadaan di saat sempurna pembangunan salah satu bangunan pondok pesantren Sarang
رباط حماه الله من كل وحشة 
ولا زال مأوى للفضائل والمجد
جزى الله كل منفق فى بنائه
وساع الى الخير فى جنة الخلد
وتارخه الهجري من بعد الفه 
رباط الفلاح حفه الرب بالسعد

Juga mempunyai syair lain sebagaimana hal di atas
ادر الاله اليمن من سحب فضله 
فانبت نبتا مزهــــــــــرا فتلتدا
رباط وقاه الله شرا ووحشــــــــة 
ولا زال للاخـيار مأوى وقصد
وقل حين ان تم البناء مؤرخــــــا 
رباط صحا للـعلم حصنا تشيدا

Dan beliau punya sebuah puisi yang menganjurkan untuk selalu sabar atau tabah dalam urusan rizki yaitu:
لا تعجلن فليس الرزق بالعجل
الرزق يأتي بــــــــلا ريب مع الأجل
فلو صبرتم لكان الرزق يأتيكم
لكــــــــــــــنه خلق الإنسان من عجل
“Janganlah engkau tergesa-gesa, karena rizki itu tidak dapat diraih dengan tergesa-gesa. Rizki pasti akan datang walaupun memakan waktu. Kalau engkau selalu sabar, niscaya rizki itu akan datang, akan tetapi Allah menciptakan sifat tergesa-gesa untuk manusia.”

Wafatnya Syekh Zubair
Bertepatan pada bulan Sya’ban, beliau membaca kitab Ihya’ Ulumuddin juz empat atas permintaan dari santri-santrinya yang sudah banyak berpengalaman tentang pengetahuan agama dari sebagian pondok pesantren. Sampai beliau menghatamkan pada batas akhir pada tanggal dua puluhan dari bulan tersebut. Selang waktu kemudian tibalah bulan suci, beliau membaca kitab yang sudah menjadi kebiasaannya Al-Jalalain (kitab Tafsir Alqu’ran) dan kitab-kitab lainnya. Kemudian tiba-tiba beliau tertimpa sakit demam. Bertepatan tanggal dari bulan tersebut, lama penyakit beliau semakin parah dan sampailah ajal menjemputnya, tepatnya beliau wafat pada malam selasa usai sholat maghrib tanggal 15 Ramadhan tahun 1389 H, semoga Allah selalu senantiasa memberi Rahmat-Nya dan menetapkannya dalam surga firdaus, sedangkan usia beliau kurang lebih 70 tahun. Beliau Termasuk masyayikh pondok pesantren Sarang yang hidup dalam keadaan faqir.

0 comments:

Post a Comment

Apa Yang Kamu Lihat Adalah Apa Yang Kamu Renungkan,Dan Hanya Orang Ganteng dan Cantik Yang Mau Baca Blog ini

 
Design by Wordpress Theme | Modified Template by Darmanto